Sabtu, 15 Februari 2014

Ini Penyebab Gelegar Petir di Gunung Kelud Saat Letusan

Ini Penyebab Gelegar Petir di Gunung Kelud Saat Letusan

Jakarta - Beberapa foto yang tertangkap kamera warga menangkap adanya petir saat Gunung Kelud di Jawa Timur meletus. Apa penyebab terjadinya petir itu?

"Itu (petir) terjadi karena beda suhu yang sangat drastis. Letusan gunung itu laharnya panas, gunung meletus kan membawa magma panas, sementara lingkungan di sekitarnya dingin," kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik Badan Klimatologi Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Kukuh Ribudiyanto, Jumat (14/2/2014).

Karena perbedaan suhu panas dari material gunung dan suhu dingin dari lingkungan, maka ion negatif dan positif akan terpisah. "Jadilah kilatan petir. Di Merapi (saat meletus) pernah juga terjadi seperti itu," jelas dia.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga Blitar berhasil mengabadikan momen langka ketika Gunung Kelud meletus. Bahkan dia sempat merekam gelegar petir yang mengiringi letusan tersebut.

Alif, warga yang tinggal di desa Kotes, Kecamatan Gantusari, Kabupaten Blitar, terbangun pada tengah malam karena mendengar gemuruh kencang dari Gunung Kelud. Tanpa pikir panjang, dia langsung keluar rumah dan mengabadikan peristiwa tersebut. Lokasi desa Kotes sekitar 30 kilometer dari gunung Kelud.

Hasilnya, ada sejumlah momen dahsyat yang terekam. Salah satunya gambar petir yang menggelegar di tengah gemuruh dan abu vulkanik dari gunung Kelud. Tampak cahaya petir tersebut memecah kepulan asap abu yang menggumpal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar