Sabtu, 19 April 2014

BEBERAPA KEANEHAN MATA UANG DI DUNIA

Bicara mengenai uang tentu menjadi suatu hal yang selalu menarik. Di balik fungsinya sebagai alat tukar ada banyak pula hal unik yang kadang tak masuk akal yang tersembunyi di balik penampakannya. Berikut tujuh hal unik dari mata uang berbagai negara di dunia.
Berikut Tujuh Kisah Aneh Dibalik Mata Uang Dunia

1. Gambar piramida illuminati pada uang Rp10.000


Anda tahu  iluminati? Sebuah organisasi rahasia berlambangkan segitiga Piramida. Nah.. konon lambang segitiga Iluminati tersebut juga terdapat di pecahan uang 10.000 rupiah. Cara melihatnya adalah dengan melipat bagian atas dan bawah bagian uang kertas, maka akan terbentuk sebuah gambar segitiga. sebenernya sampai sekarang banyak yang mempertanyakan ini, apakah menyangkut Iluminati atau bukan. Semoga bukan.


2. Tragedi 9/11 runtuhnya WTC dan Pentagon pada uang US$20

Masih ingat dengan tragedi menara kembar WTC di Amerika Serikat? Ternyata tragedi tersebut sudah diprediksi sebelumnya di mata uang Amerika pecahan $US 20. Bagaimana bisa? Dengan dilipat sedemikian rupa pecahan uang kertas tersebut seolah membentuk gambar sebuah menara yang roboh dengan kepalan asap membumbung. Bahkan Gedung Pentagon yang mengalami kejadian hampir serupapun seolah tergambar jelas di pecahan uang kertas ini.



3. Uang jumbo terbuat dari batu kapur di Pulau Yap

Uang ini adalah uang dengan ukuran terbesar yang pernah digunakan oleh manusia. Semakin besar ukurannya, semakin tinggi nilai Uang tersebut. Uang ini cukup unik dengan lubang ditengahnya, walaupun bentuknya tidak simetris. Anda berminat mengoleksi uang ini?


4. Uang pecahan 100.000.000.000 di Zimbabwe

Di Zimbabwe, segala kebutuhan pokok sangat mahal. Untuk sepotong roti saja harus ditebus dengan harga 600juta dolar. WOW. Hal ini terjadi karena nilai tukar mata uang Zimbabwe mengalami kemerosotan akibat inflasi tinggi. Jangan heran kalau suatu saat anda jalan-jalan di Zimbabwe, anda menemukan pecahan uang 100 triliun dolar dalam bentuk uang kertas.

5. Uang berlubang di Zaire

Joseph Mobutu adalah salah satu kepala negara yang gambarnya terpampang di pecahan uang kertas. Namun sejak gejolak politik yang terjadi di Zaire, masyarakat justru berbalik membenci Mobutu. Saking bencinya, mereka melubangi uang dimana uang tersebut terdapat gambar mantan kepala negara tersebut. Anehnya, Uang tersebut tetap sah dan berlaku di negara tersebut.


6. Kesalahan ejaan pada uang koin Chile

Pemerintah Chile pernah membuat kesalahan fatal dalam mengedarkan mata uang mereka. Bagaimana tidak, tulisan yang seharusnya Chile pada salah satu koin mata uang mereka malah tertulis Chiie. Hal ini tentu saja membuat malu warga Chile dan menuntut penarikan kembali mata uang tersebut. Namun usaha tersebut sia-sia, pemerintah Chile tetap mengesahkan uang tersebut beredar seolah tidak terjadi apa-apa.


7. Emoticon pada uang Rp1.000


Pernah memakai kaca pembesar buat liat lebih detil uang yang anda punya? Kalo belum, Sekarang coba anda ambil kaca pembesar dan uang seribu rupiah bergambar Patimura.
Coba perhatikan kancing dari Patimura tersebut. Apakah anda melihat emoticon ?
Entah kebetulan atau tidak, Mr. Smiley seolah menetralisir sosok garang Patimura.(*)

2 komentar: