Sabtu, 19 April 2014

Manusia Tertua di dunia yang Masih Hidup

Beberapa bulan lalu, Jiroemon Kimura, pria asal Jepang yang dinobatkan sebagai manusia tertua di dunia telah meninggal. Dengan demikian, predikat manusia tertua di dunia pun otomatis berganti. Berikut ini adalah orang-orang yang dianggap tertua di dunia yang masih hidup hingga kini.

1. Misao Okawa

Misao Okawa adalah seorang wanita asal Osaka, Jepang. Dia kadang-kadang diromanisasi sebagai Misawo Okawa. Misao Okawa lahir pada tanggal 5 Maret 1898. Pada usia 115 tahun, 30 hari, dinobatkan menjadi wanita tertua kedua di Jepang sekaligus di dunia setelah Jiroemon Kimura. Namun setelah meninggalnya Jiroemon Kimura pada Juni 2013 lalu, kini Okawa adalah manusia tertua pertama yang masih hidup di dunia.

Okawa tinggal di sebuah panti jompo di Osaka. Seorang manajer di Jepang, Tomohito Okada mengatakan bahwa Okawa makan apa pun yang dia suka. Okawa memiliki tiga anak yaitu dua putri dan seorang putra. Dia sekarang memiliki empat cucu dan enam cicit. Saat usianya 114 tahun, Misao Okawa berfoto pose dengan Guinness World Record sambil mendapatkan sertifikat dengan gelar wanita tertua kedua di dunia.

2. Jeralean Talley

Jeralean Talley lahir di née Kurtz, 23 Mei 1899. Ia adalah seorang wanita Amerika tertua yang usianya telah mencapai seratus tahun lebih di Amerika sejak kematian Elsie Thompson, orang tertua sebelumnya yang meninggal di Louisiana Hines pada tanggal 1 Februari 2013 lalu. Dia adalah orang tertua kedua di dunia setelah Misao Okawa.

Selain itu, ia juga merupakan orang tertua ke-87 di dunia. Usianya kini sekitar 114 tahun 197 hari. Dengan usianya tersebut, Jeralean Talley telah menyaksikan banyak sejarah selama hidupnya. Mulai dari munculnya mobil, pesawat, televisi dan telepon. Wanita tertua di Amerika yang masih hidup ini masih terlihat sehat, bahkan ia masih kuat berjalan menuju gereja.

3. Susannah Mushatt Jones

Susannah Mushatt Jones lahir pada tanggal 6 Juli 1899 di Lowndes County, Alabama. Jones pindah ke New York pada tahun 1923. Dia merupakan wanita tertua di New York. Pada usianya yang mencapai 114 tahun, 154 hari ia juga termasuk warga tertua kedua yang masih hidup di Amerika setelah Jeralean Talley. Selain itu, ia pun ditetapkan dan tercatat sebagai manusia tertua ketiga di dunia yang masih hidup.

Jones pernah bekerja sebagai penyedia jasa perawatan anak sampai pensiun pada tahun 1965. Dia telah menerima upeti atau kompensasi dari lembaga DPR Amerika Serikat dan dari DPR Alabama. Sayangnya, saat ini ia tidak bisa melihat dan setengah tuli serta menggunakan kursi roda. Jones pernah menikah tapi pernikahan itu tidak berlangsung lama, dan dia tidak punya anak. Meskipun demikian, ia memiliki banyak keponakan yang perhatian dan mencintainya. "Dia baik, memiliki etos kerja yang luar biasa dan menikmati hidup," kata Lavilla Watson, keponakan tertua Jones. Saat ini Jones tinggal di Vandalia Senior Center di East New York, Brooklyn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar